Kecamatan Busungbiu Lakukan PK 1 Program PISEW Tahun Anggaran 2021

NI KADEK INDIRA WATI 29 Juli 2021 10:01:02 WITA

Bertempat di Kantor Perbekel Sepang telah diadakan Pertemuan Kecamatan (PK) 1 dalam Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun Anggaran 2021 oleh Kecamatan Busungbiu yang dihadiri oleh Perbekel Sepang, BPD, LPM, Tim BKAD, Sekdes Sepang Kelod, Kaur Perencanaan, Kaur keuangan dan Fasilitator Masyarakat, serta perwakilan PKK, Kamis (28/07).

Pertemuan Kecamatan (PK) 1 dibuka oleh Camat Busungbiu yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Putu Edy Sutrisna,S.Kom. Dalam pembukaannya menyampaikan bahwa PK 1 ini akan membahas mengenai potensi desa, kebutuhan infrastruktur serta pengesahaan BKAD dan pembentukan kelompok penerima manfaat dan pemelihara terkait akan pelakasaaan program PISEW yang ada pada kawasan Kecamatan Busungbiu di dua desa yaitu Desa Sepang dan Desa Sepang Kelod.

I Gusti Ngurah Agung Indrayana, ST sebagai Fasilitator Masyarakat (FM) program PISEW Kecamatan Busungbiu  menjelaskan mengenai pentingnya penggalian  potensi kawasan terlebih dahulu. Potensi kawasan akan dilakukan pada kedua desa yang akan dijadikan sasaran dalam pelaksanaan program PISEW. Hasil output dalam PK 1 diharapkan munculnya potensi kawasan yang bisa menetukan kebutuhan infrastruktur, setelah itu akan dilanjutkan pada tahapan surve kawasan.

Setelah dilakukan diskusi bersama, Desa Sepang dan Desa Sepang Kelod yang memiliki kemiriban dalam letak geografis mempunyai potensi yang sama yakni sebagian besar dibidang pertanian dan ada sebagian dibidang peternakan. Potensi kedua desa tersebut menentukan kebutuhan infrastruktur yang diperlukan berupa jalan rabat beton. Desa Sepang mengusulkan 2 lokasi yaitu jalan rabat beton Sepang Kembang Rijasa menuju Kerobokan sepanjang + 1,3 KM dan jalan rabat beton Munduk Pandan menuju Asah Badung sepanjang + 600M. Sementara untuk Desa Sepang Kelod mengusulkan jalan rabat beton Asah Badung menuju Asah Bau sepanjang kurang lebih 500M.

Dalam PK 1 ini juga disahkan BKAD yang perwakilannya telah diambil dari Desa Sepang dan Desa Sepang Kelod serta dibentuknya kelompok  penerima manfaat dan pemelihara program PISEW yang juga diambil dari kedua desa. Sementara itu, lokasi sekretariat dan pemasangan papan informasi program PISEW disepakati pada Kantor Perbekel Sepang.

Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika diakhir acara menekan kepada Tim BKAD agar dapat bekerja secara bersama-sama dengan kejujuran dan pengabdian demi meningkatkan kwalitas pembangunan desa dibidang infrastruktur.

“Program PISEW yang bertujuan agar masyarakat di pedesaan berdaya dan mampu mengelola sumber daya lokal yang ada guna meningkatkan ekonomi rumah tangganya segera dapat terwujud,” tambahnya.

Setelah diadakan makan siang bersama, para peserta PK 1 program PISEW Kecamatan Busungbiu langsung melakukan surve kawasan. Surve kawasan yang pertama dimulai dari titik awal jalan Sepang Kembang Rijasa menuju Kerobokan yang berada di kawasan Desa Sepang. Surve dilanjutkan ke titik kedua yaitu jalan Asah Badung menuju Asah Bau yang berada di kawasan Desa Sepang Kelod. Sementara jalan Munduk Pandan menuju Asah Badung tidak dapat dilakukan surve dikarenakan sebagian jalan yang ada dikawasan Desa Sepang Kelod badan jalannya kurang dari 3.5M yang merupakan standar PISEW.

Komentar atas Kecamatan Busungbiu Lakukan PK 1 Program PISEW Tahun Anggaran 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sepang Kelod

tampilkan dalam peta lebih besar