Pemantapan Aplikasi E-Surat oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng

Gede Hovian Firaendez 15 November 2021 13:27:53 WITA

Untuk dapat memudahkan tugas pengadministrasian surat menyurat dengan lebih efektif dan efisien dengan mengubah sistem manual atau konvensional ke sistem komputerisasi dalam era teknologi informasi, penyelesaian dokumen dan surat-surat dinas sudah merupakan keharusan dalam upaya untuk melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan manajemen administrasi perkantoran yang lebih baik. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng telah merancang aplikasi E-Surat di lingkungan instansi pemerintah Kabupaten Buleleng.

Untuk mensukseskan program tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng mengadakan pelatihan langsung di Desa Sepang Kelod yang bertempat di Lantai II Ruang Rapat Kantor Perbekel Sepang Kelod yang diikuti oleh Perangkat Desa Sepang Kelod, Senin (15/11).

Narasumber dari Kabid Persandian dan Statistik Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, Nyoman Suyasa, SE, M.AP memberikan penjelasan secara singkat proses dan alur kerja dari pada E-Surat. Aplikasi E-Surat yang akan direncanakan launching pada bulan November ini merupakan aplikasi berbasis android.

Lebih lanjut narasumber melakukan uji coba pengiriman surat kepada Kantor Perbekel Sepang. Alurnya adalah surat yang dikirim oleh instansi tertentu akan di terima oleh operator E-Surat Desa bersangkutan, kemudian operator akan meneruskan ke Sekdes  untuk melakukan disposisi ke Kaur, Kasi dan KBD sesuai dengan isi dan tujuan surat dan jika diperlukan surat tersebut akan diinfokan ke Perbekel. Dalam pelatihan ini, Operator E-Surat Desa Sepang Kelod juga melakukan uji coba mengirim surat ke dinas terkait. Dan surat tersebut dapat dilihat langsung status suratnya sampai dimana perjalanannya.

Dari hasil uji coba tersebut, Perangkat Desa Sepang Kelod telah paham dengan tata cara penggunaan E-Surat. Dengan adanya aplikasi E-Surat , instansi dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, akurat, aman, dan efisien.

 

Komentar atas Pemantapan Aplikasi E-Surat oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sepang Kelod

tampilkan dalam peta lebih besar