SOSIALISASI STBM DESA SEPANG KELOD OLEH PUSKESMAS BUSUNGBIU II

Gede Hovian Firaendez 18 Oktober 2022 09:47:36 WITA

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikatoroutcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikatoroutput STBM adalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Bertempat di lantai II Kantor desa Sepang Kelod, Tim Puskesmas Busungbiu II yang di Wakili oleh Putu Sukabrata dan Luh Santini sebagai narasumber yang di hadiri oleh Tim PKK Desa Sepang Kelod, Acara di buka oleh perbekel Sepang Kelod, Ketut Ngurah menyampaikan rasa terima kasih kepada narasumber yang mau mengsisi acara dalam penyampian sosialisasi STBM ini tegasnya, beliau juga menghimbau agar semua masyarakat mau di ajak hidup sehat melalui rumah tangga masing-masing.

Narasumber menyampaiakan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat agar tercipta suasana yang asri, indah dan aman pula,, ia juga menegaskan agar sampah-sampah bisa di pisahkan seperti halnya sampah plastic dan non organic,, untuk sampah plastic agar di buatkan tempat khusus dan sampah nonorganic bisa digunakan sebagai pupuk,mengingat bahayanya sampah plastik yang bisa merusak lingkungan ini perlu penanganan yang cukup optimal dari pemerintahan desa.

 

Komentar atas SOSIALISASI STBM DESA SEPANG KELOD OLEH PUSKESMAS BUSUNGBIU II

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sepang Kelod

tampilkan dalam peta lebih besar